Sunday , July 23 2017
Home / Luar Negeri / Irak Merebut Masjid Bersejarah Mosul Yang Dihancurkan ISIS

Irak Merebut Masjid Bersejarah Mosul Yang Dihancurkan ISIS

Setelah melewati periode panjang perang kota selama delapan bulan, pasukan pemerintah Irak hari ini merebut mesjid Al-Nuri yang telah dihancurkan, tempat dimana ISIS dibawah kepemimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi memproklamirkan kekhalifaan tiga tahun yang lalu.

Otoritas Irak berharap pertarungan panjang di Mosul segera berakhir beberapa hari kedepan disebabkan pejuang ISIS sudah terkepung diperkampungan kota tua Mosul. “ Kekhalifaan fiktif mereka telah runtuh” Brigjen Yahya Rasool menyampaikan.

Pemberontak meledakkan masjid pada masa abad pertengahan saat pasukan Irak yang didukung pasukan Amerika mendesak kewilayah masjid ini.

Kejatuhan Mosul  berdampak pada berakhirnya kekhalifaan ISIS di Irak, meskipun naggota garis keras kelompok tersebut masih memegang kendali wilayah barat dan selatan Raqqa Suriah.

Harga yang harus dibayar dari perang ini begitu besar, dalam konteks militer ribuan masyarakat sipil diduga telah terbunuh, sekitar  Sembilan ratus ribu orang telah meninggalkan perang. Kebanyakan dari mereka menjadi pengungsi, mereka terjebak kelaparan dan kehilangan banyak nyawa, dan banyak bangunan dihancurkan.

20170119 2 21388518 18119133 1024x683 - Irak Merebut Masjid Bersejarah Mosul Yang Dihancurkan ISIS

 

Comments

comments

Check Also

putinmacronversailles 630x378 310x165 - Soal Suriah, Presiden Perancis Lebih Dekat Dengan Rusia

Soal Suriah, Presiden Perancis Lebih Dekat Dengan Rusia

Dalam sebuah wawancara dengan media The Guardian, Presiden Perancis Emmanuel Macron memberikan tanda perubahan besar …